ALOEN-ALOEN MALANG

Aloen—aloen Malang merupakan aloen—aloen Kadipaten Malang. Banyak orang tidak mengetahui bahwa aloen—aloen yang sekarang, yang dikelilingi oleh Jl. Merdeka merupakan perpindahan yang dibuat oleh pemerintah kolonial. Sebelumnya Aloen—aloen Kadipaten Malang terletak sebelah selatan pendapa Kadipaten Malang, diatas lahan yang kini ditempati pertokoan Malang Plaza, Gajah Mada Plaza dan Mitra.

Oleh karena itu daerah aloen—aloen saat ini penuh dengan peninggalan masa Kolonial, baik yang masih dipertahankan atau sudah berubah bentuk dan fungsinya. Mulai dari Societe Concordia yang hanya kita kenal dari tulisan-tulisan lama, karena sekarang telah berubah menjadi Pertokoan Sarinah. Penjara Wanita yang juga telah lenyap berubah menjadi Kompleks Ramayana, dan banyak lagi bangunan yang telah direnovasi tanpa memperhatikan kaidah pelestarian Benda Cagar Budaya .

Tetapi ada juga bangunan yang masih mempertahankan bentuk dan fungsi Aslinya diantaranya Gedung Bank Indonesia, Gedung Arsip disebelah kanan Kantor Pos Besar Malang, Hotel Pelangi, Gedung Bank Mandiri dan Gereja Jago.

Aloen-aloen Malang sejak dahulu hingga kini merupakan pusat keramaian dan kegiatan sosial bagi masyarakat Malang. Untuk itu Pandu Pusaka mengajak anda mengenang kembali keindahan aloen—aloen Malang

Tentang pandupusaka

komunitas pencinta sejarah dan saujana
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke ALOEN-ALOEN MALANG

  1. Lilik Indayani berkata:

    Rmah saya dulu di jl. Kopral Usman (Wetan Pasar), SD saya di SD Muhammadiyah I Malang tepatnya di jl Kawi 7. Jadi selama 6 tahun (sekitar tahun 1971 – 1977) saya selalu lewat aloen-aloen. Saya masih ingat bagaimana suasana aloen-aloen malang tempo doeloe, setiap pagi atau siang selalu ada anak-anak kecil yang mandi di air mancur yang letaknya pas di tengah-tengahnya aloen-aloen itu. Lantas di setiap ujung areal aloen-aloen ada toko kecil, saya masih ingat toko itu adalah penjual jamu dengan merk air mancur, sido muncul dan jamu cap djago. Yang pasti aloen-aloen kota Malang di kelilingi pohon-pohon besar dan hawanya sangat sejuk, beda dengan sekarang nyengat dan tidak sejuk lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s